Judul : Pendidikan Islam Kritis, Pluralis
dan Kontekstual
Penulis : Mizanul
Akrom
Editor : Kezia
Halaman :
313 hlm, 14 x 21 cm
ISBN :
978-623-7242-12-3
Diterbitkan
Oleh : CV Mudilan Group
Cetakan
pertama, 2019
*****
Buku ini hadir, sebenarnya berawal
dari upaya penulis dalam membangun paradigma kritis bagi pendidikan Islam.
Tujuannya adalah agar peserta didik sebagai manusia yang bercirikan manusia
khalifatullah, yang siap menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Manusia dengan
kategori ini harus dibekali dengan daya kreatif, etis dan kritis. Tidak hanya
secara normatif-teologis, tetapi juga pada ranah empiris.
Selain daripada itu, pendidikan Islam
harus membangun paradigma kependidikannya menuju paradigma pendidikan pluralis. Karena
pendidikan agama, baik di sekolah umum maupun sekolah agama, lebih bercorak
eksklusif, di mana agama diajarkan dengan cara menafikan hak hidup agama lain, yang seakan-akan hanya agama sendiri itu paling benar dan mempunyai hak hidup,
sementara agama yang lain itu salah, tersesat dan terancam hak hidupnya. Karenanya,
menjadi keharusan bagi dunia pendidikan Islam untuk mengembangkan moralitas
universal yang ada dalam agama-agama dengan membangun paradigma pendidikan pluralis.
Selanjutnya, masyarakat saat ini sudah
mulai tersadarkan dengan ketidakpuasannya terhadap dunia pendidikan, karena
ketidakmampuan pendidikan dalam mengantisipasi berbagai problem sosial yang
mengemuka di era globalisasi dan teknologi-informasi seperti sekarang ini. Itu
semua tidak lain karena paradigma kependidikannya yang sudah tidak relevan
dengan realitas dan konteks zaman yang sedang berkembang.[]
*****
Penulisan buku ini akan mengantarkan kita pada
diskursus wacana pendidikan Islam yang kontekstual. Mulai dari sentuhan
pendidikan Islam dengan paradigma pendidikan kritis, paradigma pendidikan pluralis hingga
problematika pendidikan Islam dalam pusaran arus globalisasi dan
teknologi-informasi sekarang ini.
Selamat berdialektika